• SMA NEGERI 6 PONTIANAK
  • “Religius, beretika, peduli, disiplin, rajin dan kompetitif ”

Profil dan Sejarah

        SMA Negeri 6 Pontianak, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri terbaik dengan berbagai keragaman yang ada di Kota PontianakKalimantan BaratIndonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 6 Pontianak ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

        Dengan berkembang pesatnya teknologi di segala aspek kehidupan maka sangat diperlukan adanya kajian sejarah SMA NEGERI 6 PONTIANAK dengan tujuan untuk mengenang dan mengingat sejarah berdirinya suatu lembaga yang dinamakan sekolah SMA NEGERI 6 PONTIANAK. Karena adanya bantuan yang berupa dana rintisan SSN/SKM untuk pengembangan sekolah yang salah satunya pengadaan website suatu sekolah, maka SMAN6 perlu menampilkan profil sejarah sekolah kita ini. Jika ditinjau dari segi sumber, mungkin belum memadai tapi dari kesederhanaan profil yang ditampilkan ini dapat membuat kisah ini akan lebih berkembang nantinya. Sumber sejarah ini diambil dari penulisan Panitia Reuni Alumni SMUN 6 Pontianak angkatan pertama 1982/1983 tahun 2004, dan disadur untuk lebih lanjut dapat di kembangkan sesuai kejadian yang memang benar – benar terjadi.

        Sebagai sebuah instansi atau lembaga pendidikan formal, kehadiran SMA NEGERI 6 PONTIANAK ditengah – tengah masyarakat yang dahulu di kenal dengan sebutan SMA NEGERI 6 PONTIANAK  ini tidaklah serta merta  ada melainkan tentu melalui berbagai proses yang harus dipenuhi, proses ini di mulai dari ide – ide, perencanaan hingga terbentuknya institusi pendidikan ini adalah merupakan suatu rangkaian peristiwa sejarah tidak boleh tidak, harus kita pahami bersama. Pemahaman ini menjadi sangat penting supaya tidak terjadi silang pendapat antara kalangan guru, komite sekolah, OSIS maupun alumni. Pada sisi lain, mengkritisi sejarah harus tetap kita lakukan supaya objektivitasnya tetap terjaga.

        Dari hasil wawancara yang didapat Alumni SMUN 6 Pontianak angkatan pertama 1982/1983 tahun 2004, menafsirkan bahwa hari ulang tahun SMA NEGERI 6 PONTIANAK  jatuh pada tanggal 14 Juli setiap tahunnya sesuai surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0219 / 0 / 1981 dan hari ulang tahun SMA NEGERI 6 PONTIANAK jika di lihat dari prasati peresmian gedung jatuh pada tanggal 27 Februari setiap tahunnya. Ijin operasional yang dikeluarkan oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan no. 0219/0/1981 tanggal 14 Juli 1981 sebagai dasar digunakan untuk operasinya SMA Negeri 6 Pontianak, yang penerimaan siswa baru tahun 1982/1983 diketuai oleh (Alm) Sabariman,BA dengan jumlah siswa-siswi sebanyak 160 siswa yang terdiri dari 4 kelas dimana pelaksanaan kegiatan belajar mengajarnya masih menumpang di gedung milik SMA Negeri 3 Pontianak jalan pendidikan Pontianak dan dilakukan pada sore hari mulai jam 13.00 wiba. Sebagai pelaksana sementara penanggung jawab sekolah, ditunjuklah Bapak Woeridin, BA sambil menunggu Kepala Sekolah yang defenitif. Untuk pertama kalinya SMA Negeri 6 Pontianak memiliki kepala Sekolah yang defenitif yang ditandai dengan serah terima jabatan dari Bapak Matnusin Harahap, BA kepada Bapak Drs Juhdi H. Kasim. Untuk pertama kalinya pula SMA Negeri 6 Pontianak memiliki gedung sendiri yang ditandai dengan diresmikannya gedung SMA pada  tanggal 27 Februari 1985 oleh Dirjen Pendidikan Menengah dan Dasar di Pontianak.

        Tujuan diangkat sejarah SMA NEGERI 6 PONTIANAK ini tidak lain adalah untuk memperjelas keberadaan ulang tahun Sebuah Instansi atau lembaga pendidikan yang dinamakan dengan SMA NEGERI 6 PONTIANAK yang terletak di kelurahan saigon pontianak timur dapat diambil sebuah kesimpulan akhir bahwa SMA Negeri 6 Pontianak dapat memperingati hari Ulang tahunnya Pada Tanggal 14 Juli sedangkan tanggal 27 Februari 1985 dijadikan sebagai peresmian berdirinya gedung SMA.

Halaman Lainnya
Visi dan Misi

A.     VISI SEKOLAH Yang menjadi visi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Pontianak adalah: “RELIGIUS,       BERPRESTASI, &

22/03/2019 09:54 WIB - Administrator