You need to enable javaScript to run this app.

Pesantren Kilat Smansix - Mendalami Makna Puasa

  • Selasa, 02 April 2024
  • Administrator
  • 0 komentar
Pesantren Kilat Smansix - Mendalami Makna Puasa

        Selama bulan Ramadhan, fokusnya selalu pada kegiatan yang membawa dampak positif agar kita dapat merasakan makna puasa secara lebih mendalam dan mencapai tujuan spiritual yang diinginkan. Setelah kegiatan berbagi takjil oleh anggota OSIS/MPK kemarin, sekarang giliran para guru Agama yang menginisiasi kegiatan Pesantren Kilat di Smansix atau Ramadhan Sehari di Sekolah. Kegiatan ini direncanakan oleh beberapa guru, antara lain Pak Sugeng Yulianto, S.Pd dan Pak Saparudin, S.Ag yang menjabat sebagai ketua panitia.

        Acara dilaksanakan pada hari Senin tanggal 1 April 2024 dimana seluruh siswa/i kelas 10 diwajibkan untuk hadir disekolah. Awalnya, acara direncanakan pada hari Sabtu, namun setelah pertimbangan dari panitia, terutama Pak Sapar dan Pak Sugeng, maka diputuskan untuk menyelenggarakan pada hari Senin. Alasan di balik keputusan tersebut adalah karena hari Senin adalah hari sekolah, sehingga diharapkan para siswa/i akan hadir secara penuh. Namun, asumsi itu ternyata meleset, dari 314 siswa/i kelas 10 hanya sekitar 214 yang mengikuti acara tersebut, sementara sekitar 100 siswa lainnya tidak hadir dengan berbagai alasan, termasuk beberapa yang tidak memberikan keterangan. Meskipun begitu, acara tetap berjalan dengan tanggung jawab dari panitia dan partisipasi siswa/i yang hadir.

        Kegiatan dimulai pada pagi hari dengan berbagai rangkaian acara, termasuk penyampaian materi tausiah tentang taharah dan ibadah mahdah oleh beberapa guru. Penempatan ikhwan dan akhwat juga diperhatikan, di mana ikhwan ditempatkan di surau baru dan lama, sementara akhwat ditempatkan di kelas XG sampai XH.  Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama dilaksanakan pada pagi hingga siang hari, lalu para siswa/i diperbolehkan untuk pulang dan hadir kembali ke sekolah pada sore hari, namun bagi yang sudah hadir pada pagi hari tadi tidak diwajibkan datang lagi.

        Di sore hari kegiatan dilanjut dengan nobar film Ramadan, acara formal yaitu penyampaian tausiah oleh ustadz Muhammad Niko, S.Pd, dan special penampilan dari tim khataman qur’an dan tim marawis. Acara bejalan dengan lancar dan dapat memberikan manfaat bagi setiap siswa/I.

 

Written by: Nafisa AA (XB)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Hj. Erni Sustiyani. S.Pd, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu Alaikum Wr. Wb. Alhamdulillahi rabbil’alamin , puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Karunia Nya...

Berlangganan
Banner