You need to enable javaScript to run this app.

Implementasi Dimensi Berkebhinekaan Global di SMANSIX melalui Gelar Karya

  • Kamis, 16 Mei 2024
  • Administrator
  • 0 komentar
Implementasi Dimensi Berkebhinekaan Global di SMANSIX melalui Gelar Karya

        P5 adalah sebuah inisiatif yang dirancang untuk membentuk pelajar Indonesia yang dapat berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Program ini memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai bagian dari penguatan karakter, sekaligus memberikan kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitar.

         Profil pelajar pancasila terdiri dari enam dimensi yang membentuk landasan yang kuat untuk membina peserta didik agar mencapai potensi terbaik mereka sesuai dengan nilai nilai luhur Pancasila. Salah satu dari enam dimensi tersebut adalah Berkebinekaan Global, yang menekankan pada pemahaman dan penghargaan terhadap keragaman budaya, serta kemampuan untuk berinteraksi secara positif dalam masyarakat global.

        Pada tanggal 15 Mei 2024, SMANSIX mengimplementasikan dimensi tersebut dengan menyelenggarakan acara Gelar Karya di lapangan utama sekolah, dengan tema “Gelar Karya P5 Dalam Nuansa Kebhinekaan Tunggal Ika Di SMA Negeri 6 Pontianak.” Acara ini merupakan bentuk kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kebinekaan dan globalisasi di kalangan siswa.

         Seluruh siswa kelas 10 diwajibkan mengikuti acara ini setelah mempersiapkan berbagai karya selama satu tahun. Acara ini menjadi momen untuk menampilkan hasil kerja keras mereka kepada publik. Dihadiri oleh perwakilan lima orang tua dari masing-masing kelas, ketua komite, dan Ibu Pengawas Elly Leo Fara, M. Pd

         Acara ini berjalan dengan meriah dan penuh warna. Dalam acara tersebut, para penari mengenakan baju adat sesuai dengan tarian daerah yang mereka bawakan. Siswa yang bertugas menyambut tamu juga mengenakan baju adat, termasuk pembawa acara Rizky Wiradi dan Nafisa AA yang memakai baju adat Melayu dan Dayak. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam acara Gelar Karya tersebut:

 

  1. Bazar Makanan: Siswa mempersiapkan berbagai menu makanan dari berbagai budaya di Indonesia. Gelar karya bazar ini mengangkat tema ‘Market Day SMANSIX Kreativitas Generasi Milenial.” Setiap kelas diberi kesempatan untuk mendekorasi stan mereka sesuai dengan kekreatifan mereka dan budaya yang mereka wakili. Setiap stand menjual berbagai makanan unik yang dapat dibeli oleh para tamu undangan dan juga siswa lainnya. Sekolah menyediakan kupon sebesar Rp. 10.000 bagi siapa saja yang beruntung yang dapat menjawab pertanyaan di akhir acara.

 

  1. Pertunjukan Tari: Acara ini menampilkan pertunjukan tari dari berbagai daerah yang mencerminkan keberagaman budaya. Siswa/I di setiap kelas menampilkan pertunjukan yang telah mereka persiapkan dengan tarian seperti Saman, Toraja, Dayak, hinggan Fan Dance dari budaya Tionghoa. Semua nya ditampilkan dengan sangat memukau dan meriah.

       Dengan mengadakan acara gelar karya ini, SMANSIX tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang kaya dan bermakna bagi para siswa, tetapi juga memperkuat nilai-nilai Pancasila, terutama dalam dimensi Berkebinekaan Global. Acara ini juga memupuk rasa saling menghargai dan menghormati perbedaan, dan menambah pengetahuan akan kebudayaan dari daerah lain serta mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang penting dalam membentuk karakter pelajar Pancasila.

Written By: Nafisa AA (XB)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Hj. Erni Sustiyani. S.Pd, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu Alaikum Wr. Wb. Alhamdulillahi rabbil’alamin , puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Karunia Nya...

Berlangganan
Banner