You need to enable javaScript to run this app.

PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER

PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER

        Kegiatan yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program pada tingkat dasar dan menengah. Mutu pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

        Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penilaian ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk menyatukan (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kerangka antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya, antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, lingkungan antara satuan pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, antar daerah , atau pun kelompok antar kelompok berdasarkan atribut tertentu).

        Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberikan gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk difokuskan pada sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Bagikan artikel ini:
Hj. Erni Sustiyani. S.Pd, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu Alaikum Wr. Wb. Alhamdulillahi rabbil’alamin , puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Karunia Nya...

Berlangganan
Banner