You need to enable javaScript to run this app.

Hari Kartini dalam Hari Pendidikan

  • Jum'at, 03 Mei 2024
  • Administrator
  • 0 komentar
Hari Kartini dalam Hari Pendidikan

        Setiap tahun pada tanggal 21 April, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini untuk menghormati perjuangan salah satu pahlawan nasional, RA Kartini, yang gigih memperjuangkan hak emansipasi perempuan demi mencapai kebebasan dan kesetaraan. Tahun ini, Hari Kartini jatuh pada hari Minggu yang lalu, namun kebanyakan lembaga pendidikan merayakannya pada hari Senin.

        Berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya, Smansix memilih untuk memperingati Hari Kartini pada tanggal 2 Mei, yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Sekolah juga menegaskan bahwa semua siswa dan siswi diwajibkan hadir dalam perayaan tersebut dengan  menggunakan baju adat kebaya bagi siswi, dan baju batik nasional bagi siswa. 

        Rangkaian acara dimulai dari pagi hingga siang, berbagai acara menarik ditampilkan di hari ini mulai dari penampilan pembacaan puisi, pidato, fashion show guru dan siswa, hingga penampilan drama musikal oleh tim Enviro Art.

        Acara yang diadakan menampilkan beragam kegiatan seperti pembacaan puisi, pidato, dan bahkan drama musikal, yang semuanya bertujuan untuk menyoroti nilai-nilai yang diusung oleh Kartini serta pentingnya pendidikan dalam mengubah paradigma sosial terhadap perempuan.

        Dengan demikian, perayaan ini tidak hanya menjadi ajang untuk mengenang sejarah, tetapi juga sebagai wahana untuk menginspirasi generasi muda agar terus memperjuangkan hak-hak mereka dan memanfaatkan pendidikan sebagai sarana untuk mencapai impian dan kesetaraan dalam kehidupan.

 

Written by: Nafisa AA (XB)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Hj. Erni Sustiyani. S.Pd, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu Alaikum Wr. Wb. Alhamdulillahi rabbil’alamin , puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Karunia Nya...

Berlangganan
Banner